Monday, January 21, 2008

part-2 :

Cuma 6 Juta dapat tiga negara ?,
sebuah sajian menu untuk para backpacker...

<---sebelumnya

SENTOSA ISLAND
Diawal tiba dengan fery boat dari batam, dengan jalan kaki bisa langsung berwisata ke Sentosa Island. langsung saja berjalan keluar pelabuhan dan menuju Habour Front Tower 2 yang cuma 20 meter. Wisata pertama adalah naik cable car (kereta gantung). Langsung saja beli tiket yang PP per orang sekitar S$.15 (dewasa), mendekati Rp.100 ribu.

Walau mungkin dengan membawa bekal ransel besar atau plus travel bag, sepertinya hal ini tidak terasa sembari menikmati pemandangan sentosa island singapura dari atas. Mulai dari patung merlion disentosa yang besar, pemandangan gunung-gunung gedung tinggi perkotaan, kapal pesiar nan megah di pelabuhan, hingga pulau-pulau buatan yang katanya dibuat dengan mengambil tanah/pasir dari pulau-pulau kecil di propinsi kepulauan riau (kepri). memang tampak sekali maraknya proses pembangunan disitu, terlihat kapal keruk tanah yang mungkin mampu memuat 200 truk tanah sedang menambah tanah disekitar sentosa.

Kemudian di Sentosa sendiri cukup banyak yang bisa dilihat dan ikut game disana, tetapi jika anda sudah biasa dengan Dufan Ancol, lebih baik cari yang di ancol belum ada, seperti Song of the Sea dll. Song of the Sea yang dulunya gratis saat ini memang berbayar sekitar S$.6, sekitar Rp. 40 ribuan per orang. Menyajikan sebuah kisah pemuda 'Lee' (kisah heroik mantan diktator perdana menteri singapura ?) yang kesepian menginginkan bertemu putri nancantik (ditampilkan oleh layar dari air, sepertinya ditembakkan oleh LCD projector ke air-air yang bertaburan membentuk awan. Beberapa ditampilkan dalam sajian tarian laser-laser yang cukup indah. Kalau hanya seperti ini sebenarnya Indonesia pasti bisa. Yang menarik disitu adalah bahwa mereka menyambut 'say hallo' hanya kepada warga singpura dan malaysia, tidak ada sekali kepada orang indonesia (dianggap tdk mampu kali). Bahkan lagu malaysia yang ditampilkan adalah lagu indonesia yaitu "Caca Marica anak kambing saya ". benar-benar memanaskan rasa nasionalisme deh. :-)

Selesai ini bisa langsung pake bis yang disediakan sentosa kembali ke Habour Front Tower 2 untuk nyeberang lagi kembali ke pelabuhan. Dipelabuhan, perjalanan bisa diteruskan menggunakan MRT (Mass rapid Transport) berupa kereta bawah tanah (subway)di stasiun Habour Front. Langsung menuju penginapan. Mungkin perjalanan kereta ini paling besar per-orang tidak sampai S$.3 (Rp.20 ribu-an), itu sudah 2 kali transit.

PENGINAPAN SINGAPURA
Perihal penginapan ini jika dilihat informasi untuk paket hemat bisa dua alternatif. Pertama adalah sewa apartemen, rumah yang berkisar harga sekitar S$.120 (Rp.800 ribu) hingga S$.150. itu adalah harga untuk sebuah tempat yang mampu menampung lebih dari 5 orang. Ada beberapa kontak person yang bisa dihubungi untuk memesan apartemen tersebut. kebetulan untuk lokasi di harga diatas adalah yang masih dekat dengan Orchad road, tempat jalan-jalannya wisatawan dan plasa-plasa di singapura, sangat strategis. Seperti dijalan elok yang hanya 300 meter dari Orchad Road.
alternatif kedua adalah langsung ke arah Chinnatown, walau ada hotel yang mahal, tetapi juga ada hotel (losmen ?) yang memadai. Seperti Hotel Dragon di Mosque street dengan tarif S$.135 permalam untuk 5 orang !! (3 bed besar 1 bed kecil). fasilitasnya juga sudah lebih dari cukup, ada TV, AC, shower air panas, dan gratis air mineral. untuk muslim sangat pas juga, karena ternyata lokasinya juga dekat dengan Masjid kuno bernama JAMAE (CHULIA) MOSQUE yang berdiri pada tahun 1826. Didirikan oleh saudagar Chulia Islam (India muslim) dibawah pimpinan Ansher Sahib.
. Dan terlebih lagi, ternyata diseberang timur masjid tersebut (seberang jalan, pagoda street) juga terdapat Halalan food. Sehingga otomatis bagi rekan muslim tidak ada masalah jika tinggal disekitar chinnatown ini. Tetapi sedikit catatan agar hati-hati, ternyata hotel dragon ini juga menerima tamu yang menyewa kamar untuk short time (jam-jam an) yang tentunya kita juga harus ekstra hati-hati dalam lingkungan tersebut, walaupun sebenarnya pasti ke hotel itu pasti hanya pagi dan malam saat bersua dengan petugas resepsionisnya.

Bersambung : to Chinnatown..

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut