Monday, March 15, 2010

The Naked Budgeter

Mapping

Proses awal Mapping sangat mudah sekali dilakukan saat ini, baik dari Peta-peta di toko buku, dari GPS, dan tentunya dari mas Jewis Google juga punya banyak pilihan seperti map dan Google earth-nya. Ketik saja http://maps.google.com dan isi kolom tujuannya dengan “Singapore” So, ini sangat memudahkan sekali untuk mind share di pola pikir kita. Jadi tahu seberapa besar pulau kecil ini, plus pulau-pulau buatan dan sungai-sungai buatan yang rasanya asin semua (karena bukan tawar, tapi air laut)

Dengan mengenal peta wilayah mulai dari jalan-jalan, hingga bahkan lokasi-lokasi yang dituju maka akan semakin sangat memudahkan kita dalam membuat sebuah rencana, rencana perjalanan, a journey.

Dalam bepergian biasanya kita mulai dari prosentase biaya yang terbesar dulu yang perlu didahulukan. Biasanya masalah transportasi, konsumsi dan akomodasi adalah faktor-faktor yang prosentasenya paling besar dari sisi biaya. Transportasi mungkin bisa 50% lebih, konsumsi & akomodasi bisa sekitar 30%-nya. Dan jangan lupa learning juga posisi kurs uang kita, walau sementara inin cenderung stabil, tapi kalo dah kena si-jewis George Soros nanti bisa kelimpungan kita.. , silahkan klik di http://www.xe.com/ucc/convert.cgi.

Packing
Packing for Backpacker
Pemilihan kota dan negeri singapura memang dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satunya adalah faktor kemudahan, karena bisa dijamin tanpa bertanya kepada satu orang pun disingapura yakin negara kecil ini bisa dikuasai, ”Everybody can go there”.
Dengan berbagai kemudahan itu, maka hanya ini saja yang perlu disiapkan ;
• Passport
• GPS / Kompas/Peta
• Pakaian
• Alat mandi
• Alat sholat
• Pop Mie
• Camera/Handycam
Passport
Buat yang sudah punya passport, masalah selesai, tetapi untuk yang belum punya pasport sebaiknya membuat passport sendiri. Pembuatan melalui agen memang bisa lebih ringan karena dianggap tidak perlu repot (padahal sama repotnya). Dan biaya bisa habis mulai Rp.450 ribu hingga Rp.550 ribu. Sedangkan jika mengurus sendiri bisa hemat 50% yaitu sekitar Rp.270 ribu saja.
Langsung saja datang ke Imigrasi (Surabaya ada 2 tempat di Waru & Tanjung Perak) dengan membawa (asli & fotocopy) :
• KTP
• Akte lahir / Ijasah / Srt Nikah (salah satu)
• Rekomendasi perush (permohonan)
• KSK
Proses hari pertama jika pagi maka selain memasukkan berkas (setelah mengisi formulir pengajuan passport) bisa juga menunggu hingga dipanggil untuk foto dan wawancara, tetapi jika sudah siang, maka pemanggilan adalah keesokan harinya. Saat wawancara Jangan lupa melakukan cek nama di komputer (sayang kalau salah). Kemudian setelah wawancara selesai akan diberikan kertas tanda penganbilan passpor yang baru bisa diambil tiga hari kemudian. Mudah khan ?.. 

GPS
Untuk apa GPS ?.. ya memang sebenarnya GPS tidak terlalu penting, apalagi di singapura sudah banyak sekali peta, brosur dan lainnya yang sangat membantu. Sedangkan kompas cukup berarti untuk tentukan arah kiblat saat kita sholat (bawa kompas khusus yg arah kiblat) .
Pakaian
Pakaian sebenarnya tidak perlu terlalu banyak, bahkan kalau perlu bisa juga tanpa perlu membawanya karena bisa langsung pakai kaos/pakaian oleh-oleh yang di singapura. Hal ini akan menguntungkan karena tas bisa banyak space, tidak perlu bawa dua tas (untuk oleh-oleh).
Satu hal lagi, untuk (maaf) celana dalam sebaiknya bisa juga dengan membawa celdam kertas yang sekali pakai (disposable briefs), bisa dibeli di giant sekitar Rp.15 ribu (isi tujuh).. jadi tambah enteng khan ?.. 

Alat Mandi
Karena mengandung gel dan cairan, maka sebaiknya dipacking dalam sebuah tempat tertutup, selain itu juga cairan/gel-nya jangan lebih dari 50 ml. Hal ini akan menyulitkan saat dipesawat nanti.

Alat Sholat
Selain kompas penunjuk arah kiblat, tentunya alas seperti sajadah dan sarung yang bisa multiuse merupakan paket yang penting. Ingat lho sholat itu wajib,.. tinggal pilih Sholat atau disholatkan ?.. 
O,ya jangan lupa waktu di Singapura sama dengan WITA (Waktu Indonesia Tengah) sehingga jika di Surabaya / Jakarta jam 4 subuh, berarti di singapura adalah jam 5 pagi.

PopMie
Walau menyebut merk, maksudnya disini adalah bahwa kadang saat kita mencari sarapan tidak seluruh tempat makan buka dipagi hari, maka mungkin dengan membawa pop mie dan kopi/sereal instan sachet.
Tetapi tenang saja, untuk kedua hal ini tidak membawapun tidak masalah karena toko 7 eleven yang buka 24 jam disingapura juga siap, bahkan kadang jual pula nasi lemak dengan harga sekitar SGD $ 2 saja.

Camera
Jelas barang yang satu ini juga termasuk barang wajib, karena hanya dengan camera atau handycam inilah seluruh peristiwa-peristiwa yang dialami bisa terdokumentasi dengan baik. Termasuk salah satunya adalah terjadinya buku/ebook ini.

.... tulisan ini telah kami sajikan dalam sebuah eBook "The Naked Budgeter", tulisan sederhana dan mudah untuk persiapan backpaker-an ke singapura dengan biaya Hemat..
eBook GRATIS ini bisa di download di sini

Selamat menikmati..

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut